Selamat Datang di Website MONGGOMEMBACA. Monggo Tingkatkan Semangat untuk Masa Depan yang lebih baik ...

Thursday 14 November 2013

FESTIVAL MUSIK JALANAN : Antara Kreativitas dan Sensivitas Keberagaman

Pendidikan seumur hidup yang dikenal oleh banyak orang tentunya dapat dimaknai berbeda dan bervariasi, namun kenyataannya apapun makna dari lifelong education pada intinya adalah pendidikan dan pembelajaran tanpa batas, tanpa mengenal batas usia dan masa, pendidikan sepanjang hayat dan sepanjang waktu. Dalam berbagai kesempatan dan tempat, pendidikan sering dimaknai berbeda karena kondisi dan situasi yang mendukung terhadap makna yang dimaksud. Penempatan makna pendidikan itu kemudian menimbulkan reaksi dan tanggapan beragam bagi mereka yang sadar dan peduli akan nasib dan perkembangan pendidikan, khususnya dilingkungan sekitar tempat ‘komentator’ berada.
KREATIVITAS dan inovasi dalam pendidikan selayaknya harus dilakukan khusunya oleh mereka yang bergelut dan terjun langsung didalamnya, namun batas KREATIVITAS dan inovasi itu pun

Monday 4 November 2013

PEMBELAJARAN PAI BERBASIS WEB

Internet adalah media online yang banyak dikenal oleh masyarakat, tak terkecuali peserta didik (siswa). Perkembangan teknologi yang begitu pesat memaksa setiap manusia untuk berpacu terus mengikuti perkembangan dan perubahannya yang hampir setiap menit dan detik mengalami perubahan dan perkembangan yang tak terkendali, siapapun dapat memanfaatkan internet asalahkan ia mampu menguasai dan mengoperasikan komputer. Keterampilan yang bisa dipelajari dengan otodidiak ini membuat setiap orang memiliki keahlian dan kelebihan masing-masing terkait dengan internet, ada yang ahli dalam hal download file berupa video, ada yang mahir dalam blog, ada yang mampu mencari berbagai referensi dengan lebih cepat dan akurat, dan lain sebagainya.
 Perbedaan kemampuan itu kemudian menjadi tolok ukur berhasil tidaknya manusia dalam menguasai dan mengoperasikan komputer, terutama memanfaatkan internet. Mereka yang mahir saja namun tidak paham akan dampak internet, akan menggunakannya kepada hal-hal yang mengarah kepada kejelekan dan perilaku negatif, sebaliknya mereka yang mengerti dan menguasai dunia online sekaligus paham akan dampak, manfaat serta kegunaan yang sebenarnya, akan memanfaatkan internet untuk hal-hal yang bersifat positif, salah satu contohnya adalah dalam pembelajaran.
Seperti kegiatan belajar mengajar yang telah